23.3.13

Alien (1979) : Kontak Pertama dengan Alien Ganas


Alien (1979) on IMDb

 "In space no one can hear you scream..."
 Apa yang kamu lakukan jika terjebak dalam kegelapan ruang hampa bersama makhluk asing yang siap mengoyak tubuhmu? Berlari tanpa tujuan? Melawan? atau berteriak tanpa ada yang mendengar?

 Jawaban itu hanya bisa kamu dapatkan dari kru pesawat kargo luar angkasa, Nostromo. Pasalnya, dalam perjalanannya menuju bumi, kru yang dikomandoi oleh kapten Dallas (Tom Skerritt) itu dihadang oleh populasi Alien lapar yang siap menghabisi setiap mangsanya.

Niat tujuh kru Nostromo untuk menanggapi sinyal S.O.S dari suatu tempat berbalik bencana. Pendaratan di planetoid gersang, asal dari sinyal itu tak seperti yang diduga. Benturan keras merusak mesin kapal pengangkut jutaan ton mineral berharga itu. Nostromo terdampar di planet misterius, antah berantah, dan sulit dijangkau kapal penyelamat terdekat sekalipun.

Ripley (Sigourney Weaver), kru keselamatan Nostromo sudah memperingatkan teman-temannya untuk tidak meneruskan niat mencari sang pengirim sinyal S.O.S. Namun semuanya sudah terlambat, misi pencarian tetap diteruskan dan  keganjilan demi keganjilan terus bermunculan. Mulai dari pesawat asing yang belum pernah ada sebelumnya, mayat alien, hingga cangkang-cangkang bulat berisi benih monster aneh. Yang terakhir adalah kengerian sebenarnya, dari situlah manusia dapat melakukan kontak pertamanya dengan alien pemangsa mereka.

Cangkang berbentuk mirip telur burung unta tersebut memunculkan semacam serangga raksasa yang gesit. Perilakunya seperti ular berkecepatan 10 kali yang tengah mencari mangsa, sasarannya adalah kepala manusia, tepatnya bagian wajah. Ketika telah menempel di wajah, monster kecil itu akan sulit melepas cengkramannya, melepas benihnya di balik tulang dada si korban, melalui kerongkongan. Benih yang sudah matang langsung merobek dada manusia inangnya, maka muncullah Alien dalam bentuk sempurna.

Ripley dan kawan-kawan pun panik menghadapi monster yang darahnya saja mampu melelehkan besi itu. Satu per satu kru pesawat menjadi korban. Naluri bertahan hidup seorang manusia benar-benar dipertunjukkan dalam film ini.

Sutradara Ridley Scott mampu menampilkan alur cerita yang menarik, unik, sekaligus mencekam melalui film ini. Keseriusan Scott dalam menggarap film horror - futuristik ini terlihat jelas dari kualitas akting para pemain sekaligus detail dari setiap komponen dalam cerita ini. Mulai dari kapal Nostromo, lingkungan planet asing, atmosfir ruang angkasa, hingga suasana di dalam kabin terasa sangat real, bahkan untuk ukuran film era 70an.

Alhasil, Scott mampu menyajikan karya sinematis yang enak ditonton, dengan sinematografi yang misterius, futuristik, kelam dan jauh dari kesan kekanak-kanakkan. Dari sekian banyak film-film bertema sejenis, Alien adalah salah satu yang terbaik. Bahkan, Alien layak disebut sebagai pionir dari film monster yang mampu menanamkan horor di kepala anda.(alf)


Trailer












Tidak ada komentar:

Posting Komentar