16.9.11

Dawn of The Dead : Sensasi Nyata Dunia Zombie

Dawn of the Dead (2004) on IMDb                   

 " Ketika tidak ada ruang lebih di neraka, sang mati akan berjalan di bumi."
Ingin merasakan sensasi dikejar zombie sampai jantung kamu benar-benar serasa terhenti? Saya sarankan untuk menonton Dawn of The Dead (2004), zombie movie maha karya Zack Snyder, sutradara  yang juga menelurkan film-film bermutu seperti 300 (2006), Watchmen (2009), dan karya terkininya Sucker Punch (2011).

Cerita dibuka dengan sorotan kehidupan Ana (Sarah Polley), seorang perawat muda nan cantik yang baru saja menyelesaikan shift di rumah sakit untuk kembali ke rumah suami tercinta. Mereka bercinta dan tidur bersama. Keesokan harinya, sang suami menemukan seorang anak kecil berdiri kaku didepan kamar mereka.

Meski Ana dan suaminya memanggil-manggil si anak, tak ada suara sedikitpun balasan salam pagi terdengar. Kekacauan lalu terjadi saat sang anak tiba-tiba berlari, keluar dari bayangan hitam yang menutupinya. Mulutnya yang penuh darah dengan mimik bak  hewan buas yang tengah kelaparan terlihat jelas.

Tanpa sempat membela diri, suami Ana diserang si anak yang ternyata adalah zombie!Sang suami pun mati digigit oleh si zombie kecil yang buas dan liar, juga gesit. Ana yang bingung dan panik dengan situasi tersebut balas membunuh si zombie kecil. Ana kemudian berusaha menyelematkan nyawa suaminya yang tiba-tiba bangkit dari kematian, dan menjadi zombie lapar yang berusaha memakannya.

Ana berhasil menyelamatkan diri dari serangan suaminya, ia keluar dari rumahnya. Di luar kekacauan yang lebih besar menanti, Ana menemukan kekacauan terjadi di seantero kota, serangan zombie dimana-mana!  Dengan panik Ana mengendarai mobilnya dengan kecepaan tinggi hingga mobilnya terperosok ke dalam hutan kota.

Ana yang sempat pingsan , keluar dari mobil, dan bertemu dengan seorang polisi dan korban lainnya, mereka memutuskan untuk menyelematkan diri di sebuah mal. Banyak korban lain segera datang, dan mereka belajar bahwa jika mereka ingin tetap hidup, mereka harus bekerjasama, karena dunia telah dikuasai oleh miliaran mayat hidup. 

Dawn of The Dead  merupakan remake dari film berjudul sama karya maestro zombie, George A. Romero. Meski remake, Zack tidak mengemasnya dengan serampangan, karena penonton akan memasuki new world of Dawn of The Dead. Dunia zombie yang dibuat Zack benar-benar lebih kelam, kejam, dramatis, dan mencekam.

Tidak banyak kesempatan menenangkan diri yang diberikan Zack dalam film ini. Anda dijamin akan selalu diburu ketegangan sejak menit-menit awal. Zack memang piawai menata visualisasi seram yang sesungguhnya. Tidak heran IMDb memberi skor hingga 7.4 , sungguh luar biasa sinting.

Adegan mengejar dan dikejar zombie diolah Zack menjadi sangat menguras adrenalin. Tanpa perlu mengerutkan dahi, penonton akan langsung "dicekoki" nilai-nilai kehidupan menyeramkan jika Zombie datang menyerang beranda mereka. Alur cerita yang terfokus pada benang merah, yakni usaha bertahan hidup dari keganasan Zombie, benar-benar konsisten tersaji dalam film.

Lepas dari berbagai gore visual dalam film, dengan hiasan darah, dan organ-organ tubuh yang bercecer disana sini, film ini tetap memiliki nilai horor dan manusia sejati. So, daripada saya berpanjang lebar, silahkan nikmati ketegangan anda dalam Dawn Of The Dead.(alf)




Trailer






Tidak ada komentar:

Posting Komentar