23.3.13

V/H/S : Horror Found Footage Rasa 4Bia

V/H/S (2012) on IMDb


Ingin kembali merasakan pengalaman horor antologi seperti 4Bia tapi dengan gaya dokumenter semacam The Blair Witch Project atau Paranormal Activity ? Maka V/H/S wajib kamu tonton. Film ini merupakan karya rembukan 10 sutradara seperti Ti West (The Innkeepers, Cabin Fever 2 : Spring Fever), Glenn McQuaid ( I Sell The Dead ), dan  Adam Wingard (The ABCs of Death). Otaknya adalah Brad Miska yang juga Co-Founder dan Editor-In-Chief  Bloody-Disgusting.com.

V/H/S dibuka dengan sekelompok pemuda yang hobi melakukan perusakan, kejahilan, dan kejahatan lainnya demi kepuasaan mereka. Bahkan, mereka sampai merekam setiap kejahatan yang telah dilakukan dalam handycam untuk dijadikan "bahan evaluasi" dalam kejahatan berikutnya.  Suatu ketika, mereka diminta oleh seseorang untuk mencuri video tape milik seorang kakek tua yang tinggal seorang diri. Kelihaian mereka dalam mencuri memang juga telah terkenal di wilayahnya.

Tanpa kesulitan mereka mampu masuk ke rumah si kakek yang ternyata tidak dikunci. Namun, tanpa diduga sang kakek ditemukan tewas sambil terduduk di sofa dengan tv dan video tape player  yang menyala tanpa siaran, seperti orang yang tengah menonton video.

Sambil mencari video tape yang diinginkan, salah seorang dari kelompok berandal ini memutar lima video tape yang berserakan di dekat video tape player. Rasa penasarannya pun harus dibayar oleh pemandangan mengerikan. Video tersebut ternyata adalah rekaman peristiwa horor yang sangat aneh, mengerikan, dan menikam jantung yang menontonnya.

Kelima video tersebutlah yang mewakili koleksi judul dalam horor antologi ini. Jika cermat, penonton dapat melihat judul dalam setiap coretan label video tape. Penonton pun langsung diajak mengalami tur penuh kengerian dari setiap tape yang diputar.

Dalam  Amateur Night, kamu akan "menemukan" rekaman yang ternyata tidak hanya sekedar video kencan muda-mudi belaka, melainkan juga rekaman jejak monster penghisap darah. Dalam The Sick Thing That Happened to Emily When She Was Younger penonton akan diingatkan bahwa chatting dengan orang tak dikenal bisa berakhir kematian. Rekaman-rekaman supernatural lainnya adalah Tuesday the 17th, Second Honeymoon dan 10/31/98.

Setiap rekaman terasa sangat nyata dan mencekam.  Misalnya, dalam 10/31/98 terdapat adegan gadis yang dirasuki setan, tiba-tiba menghilang dari dalam mobil yang terkunci dan tengah melaju kencang. Kemudian mobil berpenumpang penuh itu, tiba-tiba berhenti, berguncang dan berada di tengah jalur rel kereta api. Yang terjadi selanjutnya sungguh menegangkan !

V/H/S adalah horror dengan ide segar dan gaya antologi dokumenter yang luar biasa. Rasa penasaran bercampur ngeri pasti akan menghantui penonton setiap kali melihat adegan memasukkan video tape demi video tape ke dalam player. Begitu mencekamnya film ini, sampai-sampai adegan sesederhana itu pun membuat bulu roma berdiri. Di akhir film, penonton juga telah disiapkan adegan yang tak kalah menyeramkan. Penonton seolah sedang berada pada posisi yang sama dengan para berandal saat menonton adegan akhir, "Tape 56". 
 
Bisa dibilang inilah mockumentary yang terasa nyata setelah The Blair Witch Project. Memang terdapat beberapa adegan yang terkesan berlebihan, yakni dalam Amateur Night. Tapi semuanya tertutupi oleh kesan nyata yang sangat kuat dari kelima judul lainnya. Buktikan, tonton film ini dalam di ruang yang gelap, tenang, di malam hari, dan sendirian jika memang punya nyali lebih.(alf)



 Trailer








 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar